Lokasi PT. Pagilaran tentang PT. Pagilaran

1.    Lokasi Perusahaan
PT. Pagilaran menurut Direktorat Jenderal Perkebunan merupakan Perkebunan Besar Swasta Nasional (PBSN). Perkebunan teh PT.Pagilaran dikelola oleh Yayasan Faperta Gama Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada dan kantor pusat / direksi beralamatkan di Jl.Faridan M. Noto No. 11 Yogyakarta. PT. Pagilaran terletak di desa Keteleng, Kecamatan Blado, Propinsi Jawa Tengah, yang berlokasi dilereng Pegunungan Kemulan yaitu di lereng sebelah utara pegunungan Dieng, dan kurang lebih 36 km kota Batang Jawa Tengah. Batas – batas wilayah PT.Pagilaran yaitu:
Utara      : Desa Kalisari, Dukuh Njono, Dukuh Prejengan
Selatan   : Desa Sijeruk, Dukuh Kayu Landak, Dukuh Pagergunung
Barat      : Desa Kembanglangit, Dukuh Andongsili
Timur     : Desa Ngadirejo, Dukuh Pringombo
            Sebagian besar perkebunan PT.Pagilaran berada di area perbukitan dengan ketinggian antara 740 – 1600m di atas permukaan laut dengan kemiringan 1 – 350. Sistem pertanaman teh di perkebunan PT.Pagilaran sebagian besar dilakukan secara terasering. Wilayah perkebunan PT.Pagilaran Batang suhunya berkisar antara 15-220C, curah hujan 4000 – 6000 mm/tahun dan kelembaban antara 80% - 95%. Angin yang bertiup disini mempunyai kecepatan sedang dan merupakan angin basah. Angin basah ini sesuai untuk pertumbuhan untuk pertumbuhan teh, sehingga teh dapat tumbuh subur. Sedangkan intensitas penyinarannya tidak tetap karena sering diselimuti kabut.

2.    Bidang Usaha atau Cakupan Usaha
a.    Perkebunan, Perindustrian, dan Perdagangan
Perkebunan PT. Pagilaran mrmbudidayakan beberapa komoditas tanaman tahunan, antara lain tanaman teh, kakao, kopi, kina, dan cengkeh. Komoditas tanaman yang diutamakan di perkebunan PT. Pagilaran adalah tanaman teh untuk itu tanaman teh menjadi komoditas yang domonon pada area perkebuanan. Untuk proses produksinya, PT. Pagilaran mememelii beberapa Pabrik yang tersebar dibeberapa daerah antara lain:
1)   Pabrik Pagilaran
Pabrik Pagilaran terletak di desa Keteleng, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang. Pada awalnya proses pengolahan yang dilakukan pabrik Pagilaran adalah mengelola teh hitam dan teh hijau, namun untuk saat ini pengelolaan yang dilakukan hanya fokus terhadap pengolahan teh hitam, hal ini karenapermintaan untuk teh hijau menurun sehinggga pengolahan teh hijau hanya dilakukan jika ada permintaan. Kapasitas hasil pengolahan yang dimiliki oleh pabri sebesar 2.250 ton hitam kering per tahun untuk  tujuan ekspor domestik.
2)   Pabrik Kaliboja
Pabrik ini terletak di desa Kaliboja, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan. Pabril Kaliboja memiliki kapasitas 2.250 ton teh hitam kering pertahun yang diperoleh dari kebun plasma.
3)   Pabrik Sidoharjo
Lokasi pabrik Sidoharjo terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang. Pabrik Sidoharjo mengelola pucuk plasma dengan kapasitas 1.500 ton teh hitam kering pertahun.
4)   Pabrik Jatilawang
Lokasi Pabrik Jatilawang terletak di Desa Jatilawang, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Banjarnegara. Pabrik ini mengelola pucuk dengan kapasitas 1.500 to teh kering pertahun.
5)   Pabrik Samigaluh
Pabrik Samigaluh pabrik samigaluh terltak di Desa Pagerharjo, Kecamaan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Produk olahannya adalah teh hijau dengan kapasitas 360 ton teh hijau kering pertahun.
6)   Pabrik Segayung Utara
Lokasi pabrik Segayung Utara terletak di Desa Simbungjati, Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang. Pabrik Segayung Utara adalah pabrik pengolahan biji kakao dengan kapasitas 960 ton kakao kering pertahun.
b.    Konsultasi
PT. Pagilaran membuka badan konsultasi untuk petani yang berada di sekitar PT. Pagilaran dan perusahaan-perusahaan dengan cakupan bidang kajian yang sama.
c.    Lain-lain
1)   Tempat pendidikan, praktek kerja, dan penelitian bagi pelajar mahasiswa, dan dosen dari berbagai pergururuan tinggi dan instansi.
2)   Berperan sebagai kebun inti dalam proyek pemerintahan darn perkembangan tanaman perkebunan melalui PIR.
3)   Bergerak dalam pengadaan bibit tanaman perkebunan (teh, kina, kopi, kakao)
4)   Argowisata Pagilaran, agrowisata pendidikan, wisata konservasi, alam, dan out bound adeventuring.
d.   Produksi dan Pemasaran
Dalam setiap tahun PT. Pagilaran memproduksi teh sebanyak 4000-5000 ton teh kering pertahun, kakao sebanyak 400-500 biji kering kering pertahun.
Terdapat beberapa macam teh yang dihasilkan PT. Pagilaran yang memiliki beberapa grade yang mempunyai pasar tersendiri, berikut ini grade teh yang diproduksi beserta tujuannya.
Teh hitam ekspor      : BOP, BOPF, PF, DUST, BT, BOP-2, PF-2, BM
Teh lokal                   : BOHEA, BADAG, BT-2, F-1, F-2, DUST-2,BMIX
Teh hijau ekspor        : A. SUPER
Teh hijau lokal          :B. LOKAL, DUST, BAGAL, BT
Pemasaran prodauk teh yang dihasilkan PT. Pagilaran 75% ditujukan untuk pasar ekspor dan 25% untuk pasar domestik.

Comments

  1. saya juga suka ke pagilaran kok,,sejuk banget

    ReplyDelete
  2. Sebuah potensi yang sangat bagus untuk menyerap tenaga kerja buruh

    ReplyDelete
  3. Mohon Maaf saya ingin membawa siswa saya mengunjungi pabrik teh pagilaran di Kab. Batang bagaimana caranya?

    ReplyDelete
  4. Apakah disitu menerima pkl jurusan biologi??

    ReplyDelete
  5. Boleh tahu no tlp pabrik kakao yg di segayung kabupaten Batang, Jawa tengah ?
    Saya mau tlp dulu sebelum kunjungan ke lokasi membicarakan kemungkinan export. Saya ada pesanan.
    Ini no wa saya 082265129800. Nama saya Sivan tinggal di Semarang.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

PT. So Good Food Jl. Raya Solo - Boyolali

Tepung Terigu dan Standar Nasional Tepung Terigu

Tepung Tapioka kegunaannya dan Standar Nasional